Pengikut

Kamis, 07 Mei 2015

Teks Negosiasi

Halo ! apakabar !, hehe TS nya baru bisa buka blog gara" banyak tugas wkwk.. 

Eh iya nih, kan kita yang anak kelas 10 pada mau UAS ya (cepet amet yak), nah yang pada belom ngerti ama TEKS NEGOSIASI.. nah ane mau ngasih tau teks negosiasi... cekidot bro/sis

Negosiasi :

Negosiasi merupakan bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencapai kesepakatan bersama di antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda. Sedangkan menurut kamus Oxford, negosiasi adalah suatu cara untuk mencapai kesepakatan melalui diskusi formal. Dan negosiator adalah orang yang melakukan negosiasi. Dalam komunikasi bisnis, Negosiasi diartikan suatu proses dimana dua pihak atau lebih yang mempunyai kepentingan yang sama atau bertentangan, bertemu dan berbicara untuk mencapai suatu kesepakatan. Perbedaan kepentingan memberikan alasan terjadinya suatu titik temu dan dasar motivasi untuk mencapai kesepakatan baru.
Nah udah ngerti kan Negosiasi itu apa, tapi kan kita blom tau alasannya.... cekidot
Alasan dari negosiasi karena pihak – pihak yang berkepentingan perlu membuat kesepakatan mengenai persoalan yang menuntut penyelesaian.
Tujuan dari bernegosiasi adalah menemukan kesepakatan diantara kedua belah pihak secara adil dan dapat memenuhi harapan juga keinginan kedua belah pihak tersebut. Dan untuk mengurangi perbedaan posisi setiap pihak untuk mencapai kesepakatan bersama.
Pengertian dan alasan udah, tapi tunggu dulu bro/sis, teks negoisasi ada strukturnya nya nihh....
  1. Orientasi       : Pembukaan atau awalan dari percakapan sebuah negosiasi. Biasanya berupa kata salam, sapa dan sebagainya.
  2. Permintaan   : Di mana pihak yang ingin tahu menanyakan suatu barang atau permasalahan yang dihadapi.
  3. Pemenuhan  : Pihak yang terkait memberitahukan mengenai barang atau obyek agar orang yang diajak interaksi oleh pihak tersebut menjadi lebih paham.
  4. Penawaran   : Puncak dari negosiasi karena terjadi proses tawar menawar pihak satu dengan pihak yang lain untuk mendapat sebuah kesepakatan yang menguntungkan satu sama lain.
  5. Persetujuan : Kesepakatan atas hasil penawaran dari kedua belah pihak.
  6. Pembelian   : Terjadinya transaksi jual beli antara masing-masing pihak terkait.
  7. Penutup       : Mengakhiri dari sebuah percakapan antara kedua pihak untuk menyelesaikan suatu proses interaksi dalam negosiasi.

Nah bro/sis mungkin ini belom lengkap, tepi tenang bro/sis entar ane post lagi tentang ciri - ciri umum, ciri kebahasaan, dan strategi dalam bernegosiasi.... 


See Yaa !!!


Tidak ada komentar: